20
Wed, Nov

Wapres Ma 'ruf Amin Buka World Zakat Forum International Conference 2019 di Bandung - Jawa Barat

(TIBYAN.ID/HANS)

Aktual
Typography

TIBYAN.ID, Bandung - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma 'ruf Amin membuka International Conference 2019 World Zakat Forum di Bandung Jawa Barat-Indonesia.

Forum yang mengambil tema Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology sebagai forum international ke 8 yang diikuti oleh 33 negara akan berlangsung hingga 7 Nopember 2019. Wapres menyampaikan bahwa Zakat adalah rukun islam yang bersentuhan langsung kepada masyarakat miskin, potensi zakat Indonesia semestinya dapat mencapat 183 Triliyun. Saat ini potensi itu baru 30 persen yang dapat dicapai. Walaupun dalam lima tahun terakhir pertumbuhan zakat indonesia mencapai 24 persen.
Forum ini diharapkan saling tukar pengalaman antar negara dalam pengelolaan zakat begitu juga saling transfer technology dalam pengelolaan zakat.

World Zakat Forum (WZF) ini akan menghadirkan tujuh keynote speech dan 4 plenary session, sesi lainnya ialah ada annual report yang akan membahas ZCP (zakat core principles). ZCP akan membahas:
- good amil governance,
- shariah audit untuk lembaga zakat,
- internal audit lembaga zakat,
- standard financial reporting lembaga zakat.

Selain hal diatas, akan dibahas resolusi WZF, yang menitikberatkan terhadap penggunaan teknologi untuk managemen zakat.

Output yang diharapkan adalah memberikan kontribusi substanstif dalam hal pengetahuan zakat, khususnya untuk managemen zakat berbasis teknologi. Demikian disampaikan Prof. Bambang Soedibyo selaku Sekjen World Zakat Forum dalam sambutannya.
Bambang menyampaikan pula bahwa Konferensi ini seharus nya diselenggarakan pada September 2019 di Brunei. Tapi Brunei Darusalam belum bersedia, sehingga kami menyatakan siap di selenggarakan di Indonesia pada November ini.

Kami menyadari pentingnya zakat dalam masyarakat, kami mengaharapan konferensi ini dapat mebghasilkan kesamaan dalam pengelolaan zakat terhadap perkembangan teknologi. Pertama Zakat dapat memberikan kebersamaan antar negara dan
Kedua, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Untuk menjembatani kesenjangan ekonomi dimasyarakat dan utk memberikan solusi yang terhebat dari Islam.

Tahun ini adalah untuk kali yang kedua Indonesia ditunjuk mengadakan konferensi Zakat Dunia, yang pertama pada 2008 di Kota Jogyakarta. Ini menandakan betapa besar harapan dunia kepada Indonesia dalam pengelolaan zakat. Saat ini WZF sudah mempunyai anggota dibeberapa negara bukan hanya di negara2 Asean tapi juga di Amerika, Australia, Egypt, Bangladesh, India, Qatar, Bosnia & Herzegobina, Malaysia, Singapore dan beberapa negara lain. dan ini menunjukan pertumbuhan yg cepat terhadap zakat di dunia. Kami juga mempunyai bebrapa anggota Seperti badan pbb dan dunia.

WZF ini akan berlangsung hingga Kamis 7 Nopember 2019.(Hans)