01
Thu, Oct

129 Orang Miskin Baru Disantuni Baznas Kota Bekasi Menjelang Ramadhan

Aktual
Typography

TIBYAN.ID –  Hari hari memasuki Ramadhan, Baznas Kota Bekasi terus meningkatkan intensitas pendistribusian bantuannya kepada masyarakat. Bahkan, dalam Ramadhan kali ini yang berbarengan dengan pandemic Covid 19, Baznas menambah komponen bantuannya.

“Jadi yang selama ini rutin kita santuni, kali ini kita tambah lagi beberapa kelompok masyarakat, yakni mereka yang terdampak oleh pandemic covid19,” kata Ketua Baznas Kota Bekasi, Drs Paray Said MM MBA kepada Tibyan.id

Beberapa komunitas yang baru dibantu tahun ini adalah eks narapidana, keluarga disabilitas, santri pondok pesantren dan lain lainnya. Mereka dimunculkan karena berdasarkan penilaian Baznaz sebagai kelompok masyarakat yang terdampak pandemic Covid19.

Dalam penjelasannya kepada Tibyan.id, mulai hari ini, Baznas mulai menyalurkan bantuan itu. Ada 129 orang miskin baru (eks Napi yg baru dikeluarin), 100 keluarga disabilitas masing2 400 ribu perbulan selama 3 bulan, bantuan modal usaha bagi 560 orang masing masing Rp 1,5 juta,  bantuan untuk 560 guru ngaji lekar masing 400 ribu selama 3 bulan, bantuan 168  amil jenazah masing masing 750 ribu dan bantuan 100 orang khotib yang masing masing Rp 500 ribu.

Sementara untuk santri ponpes sebanyak 250 anak, masing masing Rp 300 ribu dan untuk ustadnya sebanyak 125 orang masing masing 750 ribu. “Semua ini adalah bentuk kepedulian Baznas yang memang setiap tahun dilakukan, yakni setiap menjelang Ramadhan. Namun karena berkaitan dengan covis19 ini, komunitasnya kita tambah, yakni mereka yang terkena dampak,” katanya.

Sejak sepekan silam, Baznas memang sudah bergerilya menyalurkan bantuan yang dilakukan secara diam diam, mendatangi rumah rumah mustahiknya melalui jaringan relawan Baznas dan para pengelola UPZ di tiap kecamatan.

Misalnya, terhadap orang tua dhuafa di tiap kelurahan, tim baznas mendatangi mereka dan dan secara diam diam menyerahkan bantuannya. “Umumnya mereka kaget, terkejut dan merasa haru ketika tim kita dating dan menyerahkan bantuan,” kata H Sofyan Kamil menceritakan pengalamannya menyerahkan bantuan.

Sofyan kamil adalah tim Baznas Kota Bekasi untuk wilayah Kecamatan Bekasi Utara. Menurutnya bantuan yang disalurkan memang masih sangat terbatas. Misalnya hanya dua paket untuk satu kelurahan. Padahal yang membutuhkan jauh lebih banyak dari itu, apalagi dalam situasi saat ini.

Keterbatasan ini dirasakan juga oleh ketua Baznas, Paray Said. Karena itu, Paray mengajak para aghniya untuk menyalurkan zakatnya kepada Baznas. Menyalurkan zakat mal, zakat fitrah atau shodakoh melalui Baznas penyalurannya akan transparan dan benar benar terseleksi sesuai ketentuan syariat. (aminidris)