07
Tue, Apr

Anies Bentuk Tim Khusus Untuk Menangkal Penyebaran Virus Corona

Foto : Liputan6.com/Delvira

Hot Issue
Typography

TIBYAN.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah membentuk tim khusus untuk menangkal merebaknya penyebaran Coronavirus atau Covid-19 (2019-nCov) di Jakarta.

Pembentukan tim khusus itu tidak hanya melibatkan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) tapi juga berbagai pihak, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 16 tahun 2020.

"Tim Tanggap Covid19 ini memang disiapkan. Dan ini menjadi rujukan untuk semua kegiatan yang terkait dengan Covid-19. Tim respons cepat atau tim tanggap Covid-19 ini terdiri dari semua unsur," kata Anies kepada wartawan, Ahad (1/3).

Gubernur DKI mengungkapkan tim ini sengaja dibentuk sebagai sebuah tim khusus, supaya menjadi rujukan. Sebab, apabila hanya mengandalkan SKPD yang ada, rata-rata itu adalah kerja yang rutinitas. Dengan adanya tim tanggap Covid-19 ini khusus kewaspadaan dan pencegahan penyebaran 2019-nCov.

"Saat ini mita merasa khawatir karena dalam beberapa hari ini saja, itu begitu banyak negara-negara baru yang mengumumkan temuan kasus baru. Nah kami di Indonesia, kami di Jakarta khususnya sebagai gerbang Indonesia, harus bersiaga. Dan langkah-langkah (itu) sudah kita lakukan," ujarnya.

Tim ini, lanjut Anies, nantinya akan dipimpin oleh Asisten Kesra Gubernur. Sedangkan susunan anggota tim ini akan dipaparkan selanjutnya. Mereka dalam tim ini, jelas Anies, nanti akan punya pos khusus. Dan semua komunikasi terkait dengan Covid-19 lewat tim ini.

Sebelumnya Anies menjelaskan kondisi suspek sampai saat ini, selama satu bulan lebih di DKI ada 115 orang yang dalam pemantauan dan ada 32 pasien yang dalam pengawasan. Mereka yang dipantau mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Namun demikian belum ada satupun yang diumumkan oleh pihak berwenang yang positif coronavirus.

 

Sumber : Republika