19
Wed, May

Tuntut Pembebasan Habib Rizieq Syihab dan Tahanan Politik Lainnya

Hot Issue
Typography

TIBYAN.ID - Forum Ummat Islam Bekasi, menuntut dibebaskannya Habib Rizieq Syihab, beserta seluruh tahanan politik.

Tuntutan itu disampaikan kepada Ketua DPRD yang didampingi Fraksi PKS dan PAN di ruang rapat DPRD kota Bekasi, jl. Chairil Anwar, kota Bekasi Kamis ( 25/3).

Para Ulama asatidz yang ikut hadir dalam penyampaian tuntutan FUIM agar pimpinan dan anggota dewan berani menyampaikan tuntutan umat ke pihak yang berwenang. " Kami menghargai anggota dewan yang dipilih rakyat. Itu sebabnya kami datang ke DPRD ini. Karena kami diajari akhlak. Bisa saja tuntutan ini kami sampaikan lewat orasi dan demo. Tapi kami memilih datang kesini karena disini ada wakil rakyat" Papar ustadz Veri Sutanto, pada pengantar dialog tersebut.

Para ulama dan asatidz di Bekasi mengecam penahanan Habib Rizieq Syihab ulama dan tokoh yg kritis.

Paling tidak ada dua tuntutan penting yang disampaikan yaitu pertama; hentikan kriminalisasi terhadap orang orang yang mengkritik dan berbeda pendapat dengan pemerintah. Kedua , Bebaskan para tokoh agama dan tokoh nasional yang saat ini ditahan serta menghentikan proses hukum tanpa syarat terhadap tokoh-tokoh diantaranya:

1. Habib Riziq Syihab
2. KH. Ahmad Shabri Lubis
3. Habib Hanif Al Attas
4. Ust. H. Haris Ubaidillah
5. Habib Idrus Al Habsy
6. Habib Ali bin Alwi Al Attas
7. Ust. Maman Suryadi
8. DR. Syahganda Nainggolan
9. Jumhur Hidayat
19. KH. Sugih Nur Raharja (Gus Nur)
11. Anton Permana
12. Ustadzah Kingkin Anida.

Mereka itu hingga kini masih mendekam dalam tahanan.

Penyampaian tuntutan tersebut berbeda dari yang lazim terjadi di DPRD, kalau ini semua ulama asatidz tidak diperkenan masuk ke dalam ruang rapat sebelum menjalani swab. Dan setiap orang hrs menuliskan nama serta no hp dibawah pengawasan petugas polisi. Setidaknya ada 50 ulama, asatidz, asatidzah, yg diswab untuk ikut menyampaikan tuntutan.

Usai menyampaikan tuntutan, ketua DPRD Chairoman J Putro, memberikan waktu kepada anggota DPRD yang hadir untuk menyampaikan pendapatnya. dan acara ditutup dengan pembacaan pernyataan tuntutan yang diikuti oleh ketua DPRD dan anggota dewan. ### Imran