04
Tue, Aug

Tausiyah Islamic Centre Bekasi: Belajar Sabar dalam Shalat

Oase Iman
Typography

TIBYAN.ID - Ketua Yayasan Islamic Center KH Noer Alie Bekasi, H Paray Said, berbagi ilmu tentang bagaimana cara belajar sabar dalam Sholat. Baginya, sabar dalam sholat tidak mudah sehingga perlu mempelajarinya secara bertahap.

“Saat guru-guru saya mengajarkan tentang kesabaran, beliau mengajari saya agar memulai belajar sabar saat sholat,” kata H Paray dalam akun Youtube Islamic Center KH Noer Alie Bekasi.

Dalam tausiyahnya, H Paray mengungkap kebiasaan masyarakat untuk terburu-buru dalam sholat. Menurut Paray, terburu-buru dalam shalat merupakan bukti bahwa kurangnya kesabaran dalam diri seseorang.

“Di awal-awal, saat belum diajarkan untuk sabar dalam sholat, saya selalu terburu-buru dalam sholat. Semua bacaan dalam sholat saya baca wasol (tersambung), tidak tuma’ninah dan tidak tartil,”

“Alhamdulillah, saat saya mulai belajar sabar dalam shalat, bacan shalat saya mulai rapi.
Saya pernah diajarkan guru-guru saya yang khususnya yang berkaitan dengan sabar. Belajar sabar dianjurkan dari sholat,”

Lebih lanjut, Paray mengatakan jika sabar memiliki nilai-nilai kehidupan seperti kejujuran, kedisiplinan dan amanah. Tidak hanya itu, sikap sabar juga mengajarkan manusia untuk takut kepada Allah swt seraya tidak melanggar hal-hal yang dilarang oleh-Nya.

“Terkadang dalam kehidupan kita, orang sabar dianggap orang yang kalah. Orang sabar selalu dianggap orang bodoh. Karenanya, tidak jarang orang jujur dianggap orang bodoh dan orang yang kalah,”

“Padahal, nilai-nilai kejujuran patut kita kedepankan dalam segala hal,” pungkas pria yang juga mengemban amanah sebagai Ketua Baznas Kota Bekasi tersebut.