01
Thu, Oct

Sekretaris DPRD Kota Bekasi, M Ridwan Menyerahkan Hewan Kurban Kepada Masyarakat Sekitar DPRD Kota Bekasi

Oase Iman
Typography
TIBYAN.ID - Sekretaris DPRD Kota Bekasi M Ridwan menjadi jamaah kehormatan Sholat Iedul Adha di Masjid Al Khairot, Kompleks DPRD Kota Bekasi, Jumat.  Menurutnya, setiap tahun pelaksanaan sholat ied di sini terus ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya.
 
Tepat pukul 6.30, Khotib Dr. Ahmad Fauzi Zaini sudah datang. Jamaah pun mengisi fasilitas karpet terpasang. Sesaat setelah Sekretaris DPRD Kota Bekasi, M. Ridwan, memasuki ruang sholat, panitia langsung mengumumkan sholat segera dimulai.
 
“Inilah perayaan Iedul Adha yang amat berbeda dengan perayaan-perayaan Iedul Adha tahun tahun sebelumnya,” kata Dr. Ahmad Fauzi Zaini mengawali khotibnya. 
 
Bahkan boleh jadi ini adalah perayaan yang paling berbeda sepanjang kita hidup, karena perayaan Iedul Adha tahun ini dilakukan di tengah-tengah suasana pandemic Covid -19 yang masih meningkat di beberapa tempat.
 
Kadar Ujian Dari Alloh
 
Dalam khutbahnya, Dr. Ahmad Fauzi Zaini menjelaskan tentang ujian. Pandemik yang memporakporandakan kehidupan umat manusia di dunia. Menurutnya, ini merupakan bagian dari ujian Alloh. Mengutip sebuah ayat Alquran Surat Al- Baqoroh 155, Ahmad Fauzi mengatakan bahwa Alloh akan menguji manusia dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, kematian, paceklik.
 
Pada ayat lain Alloh juga menjelaskan sebuah sindiran, apakah manusia mengira mereka akan dibiarkan saja menyatakan beriman tanpa memberinya ujian? 
 
Dari dua ayat ini, bisa disimpulkan pandemi covid 19 ini merupakan rangkaian dari ujian Alloh kepada umat manusia. Semua hamba Allah tidak luput dari berbagai ujian. Bahkan nabi Ibrahim sekalipun juga diuji dengan berbagai ujian yang sungguh diluar batas nalar akal manusia.
 
Ibrahim diuji dengan tidak dikaruniai anak sampai usianya tua. Baru kemudian ketika Alloh memberinya putra melalui isterinya, sedang sayang sayangnya, Alloh minta agar Ibrahim meninggalkannya di padang tandus.
 
Sampai ketika anak itu beranjak remaja, Alloh pertemukan kembali keluarga ini. Tapi tak lama kemudian turun perintah agar Ibrahim menyembelih anak kesayangannya itu. Ini bukan ujian yang main main tentunya.
 
Kesabaran Ibrahim menerima ujian dan mematuhi seberat apapun ujian dari Alloh itu merupakan kunci keberhasilannya. Karena itu, Ahmad Fauzi menjelaskan dalam konteks pandemic covid saat ini, sabar juga bermakna melaksanakan segala aturan Allah rasulnya dan pemerintah.
 
“Mentaati aturan pemerintah dengan protokol kesehatan selama pandemic covid ini juga termasuk makna dari sabar,” katanya dalam khutbahnya.
 
Kurban Untuk Masyarakat Sekitar
 
Ada empat ekor sapi dan beberapa ekor kambing pagi itu siap untuk dikorbankan. “Ini memang sudah menjadi kebiasaan tahunan, di masjid Al Khairot ini diselenggarakan pemotongan hewan kurban yang diberikan unbtuk warga sekitar,” kata Ridwan, Sekretaris DPRD Korta Bekasi menjawab Tibyan.id .
 
Beberapa pengurus RW dan beberapa pengurus DKM masyarakat sekitar siang itu memang biasa mengikuti sholat ied di masjid yang ada di lingkungan gedung DPRD Kota Bekasi.
 
Kepada perwakilan warga, Ridwan berpesan bahwa hewan kurban ini adalah amanat. Dagingnya harus dibagikan merata kepada yang berhak menerimanya.
 
Sambil riungan usai sholat ied dan mendengar khotib, Ridwan membaur mendatangi sapi sapi yang diserahkan kemudian ngeriung kembali di hamparan tempat sholat. Ditemani ketua DKM, Ust Rofiuddin, Ridwan tampak akrab bersama karyawan dan pengurus DKM. (*)