02
Wed, Dec

SD Al Hanief Tradisikan Berwudhu Dulu Sebelum Masuk Kelas

Oase Iman
Typography
TIBYAN.ID, BEKASI - Sekolah Dasar ( SD) Al Hanief, sepintas tak jauh berbeda dengan konsep pendidikan islam terpadu. Karena selain menanamkan nilai nilai iman dan islam sedini mungkin juga ingin agar lulusannya bisa mempraktekkan ajaran islam dalam kehidupan sehari hari. 
 
Namun yang menarik dengan pengelolaan SD Al Hanief yang berlokasi di Jalan Bambu Kuning Selatan  Rt 04 Rw 03 Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, kota Bekasi ini cara penanaman nilai nilai islam terhadap siswanya. 
 
"Ketika siswa masuk lingkungan sekolah mereka sudah dibiasakan tidak langsung masuk ruangan. Tapi mereka lebih dahulu di ajak ke tempat wudhu lalu berwudhu setelah itu masuk aula serba guna. Di aula siswa melaksanakan shalat duha. Lalu mengaji, terus berdoa dan baru masuk ruangan kelas setelah melepas sepatu. Sehingga ruangan kelas tetap bersih" Ungkap H. Faisal N.A, Moeliza, ketua Yayasan  Al Hanief Moeliza, yang menaungi SD Al Hanief, saat berbincang di kantor yayasannya Rabu 12 Agustus 2020.
 
Kita ingin agar  siswa terbiasa melaksakan shalat duha, sehinga ketika itu sudah menjadi kebiasaan siswa maka di harapkan ketika siswa berada di luar sekolah sudah terbentuk satu kebiasaan melaksanakan shalat duha, paparnya. 
 
Begitu juga dengan kewajiban yang lain seperti shalat shalat fardu, melatih diri untuk selalu bersih serta memberikan pengenalan sifat sifat Allah Asmaul husna. 
 
Siswa dibiasakan melihat tulisan asmaul husna yang di gantung rapih mengelilingi aula serba guna. Sementara kutipan hadis di tempel di dinding dengan rapih sehingga terlihat indah. 
 
Ternyata metode pembiasaan itu cepat dicerna siswa. Tentu itu baru satu cara untuk mendidik siswa. 
 
Di SD Al Hanief, tenaga pengajarnya memiliki kompetensi yang meyakinkan. Dari 22 guru tenaga pengajar mayoritas mereka sudah S2. Jadi sangat beruntung para orang tua yang menyekolahkan anaknya di SD Al Hanief. ( Imran )