25
Fri, Sep

Sambut Tahun Baru 1442 H Dengan Khotaman Quran Jama’ie di Islamic Centre Bekasi

Oase Iman
Typography

TIBYAN.ID, Bekasi – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Islam Islamic Centre Bekasi memperingati pergantian tahun hijriyah dengan mengadakan khotmil Quran secara berjamaah di masjid. Kegiatan digelar sejak usai sholat Ashar sampai selesai khotaman yang dimulai bakda Isya.

Kepada Tibyan.id, Imam Masjid Nurul Islam mengajak seluruh pengurus dan jamaah masjid Nurul Islam untuk mengikuti acara pergantian tahun ini secara berjamaah. “Kita mulai dari mengadakan doa penutup tahun yang diadakan bakda sholat Ashar,” kata Ust H Idrus Alby.

Setelah sholat maghrib, jamaah juga diajak untuk melakukan doa Bersama sebagai doa awal tahun. “Ini penting, agar kita memulai awal tahun kita dengan permulaan yang baik, bermunajat untuk kebaikan dan kemaslahatan,” kata Idrus lagi menjelaskan.

Usai sholat isya, jamaah diajak untuk khotaman Quran. Ini dilakukan secara berjamaah dipimpin oleh seorang hafiz dan disimak atau diikuti jamaah. Diperkirakan tidak lebih dari 10 sampai 11 jam sudah bisa khatam.

Jadi, dalam satu majlis, seorang hafiz akan membaca Alquran dengan pengeras suara dan jama’ah yang menyimaknya. Tujuannya, selain pembacaan bisa dilakukan secara tartil, juga tidak terjadi main cepet cepet khotamnya.

“Saya kira ini sebagai momentum yang baik bagi keluarga juga turut serta hadir bersaja keluarga secara berjamaah,” kata Ustad Idrus Al hafis.

Menurut Idrus, kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan ubudiyah DKM Masjid Nurul Islam bekerja sama dengan Majelis Muzakaroh pimpinan, Dr. KH Zamahsyari Abdul Majid. (*)