02
Wed, Dec

Prof Dr. KH. Satori Ismail Mengajak Umat Islam Untuk Menghidupkan Ukhuwah di masa Pandemi

Oase Iman
Typography

TIBYAN.ID - Prof Dr. KH. Satori Ismail mengatakan bahwa bala dan kesulitan adalah sebuah keniscayaan. Karena siapapun orangnya pasti Allah memberinya ujian.

Hal itu disampaikannya dalam khutbah jumat di Masjid Nurul Islam Islamic Centre KH Noer Alie Bekasi.Jum'at(2/10)

"Allah pasti akan memberikan hambanya ujian baik berupa rasa takut atau rasa lapar, termasuk berbagai macam bala dan musibah, " katanya.

Ada ukhuwah dzohiroh, ini yang terlihat. Misalnya menyiapkan tempat sholat, menjaga keharmobisan, menjalin silaturrahmi dll.

Tapi ada ukhuwah bathin, yang tidak terlihat. Ini pahalanya berpuluh kali lipat. Contoh ukhuwah ini adalah mendoakan orangtua kita, sahabat kita, teman, tetangga, guru, orang tua, pemimpin.

Ukhuwah seperti ini dilipatgandakan oleh Alloh balasannya. Karena ini adalah amaliyah yang sama sekali bebas dari kepentingan - kepentingan pragmatis.

Ukhuwah punya dampak pada ketenangan jiwa dan mental orang yang melakukannya. Ukhuwah punya korelasi yang erat dengan keimanan seseorang.

Karenanya, mereka yang saling membantu secara lahir, saling mendoakan dan saling menebar kasih sayang bisa dipastikan hati mereka menjadi tenang.

Karena itu, dalam situasi pandemi ini, Prof Dr. KH. Satori mengajak umat Islam untuk meningkatkan terus hubungan kepada Alloh.

Baik dalam bentuk memperbanyak amaliyah - amaliyah dah ukhuwah dzohiroh maupun ukhuwah batiniyah. Hanya dengan cara itulah kita bisa melampau semua ujian dengan tenang. (ab)