15
Wed, Jul

IBM Dalam Tinjauan Sejarah (Bagian 3)

Audiensi Rektor & Pimpinan IBM Bekasi dengan Ketua DPRD Kota Bekasi Ir. H. Choiruman J. Putro, Dalam rangka Membangun Kemitraan antara Kampus IBM Bekasi dengan DPRD Kota Bekasi

Wawasan
Typography

Oleh : Epen Supendi *)

TIBYAN.ID - Selain personil-personil yang telah mendapatkan amanah untuk mengelola IBM Bekasi secara langsung, tentu saja IBM Bekasi banyak mendapat kontribusi bantuan, sokongan baik secara moril maupun materil, dari para simpatisan anggota persyarikatan yang bahu membahu memberikan sumbangsih kepada IBM Bekasi. Termasuk seluruh unsur Pimpinan Pusat Muhammadiyah, terkhusus Prof. Dr. HM. Dien Syamsudin, MA (Ketua Umum), Prof. Dr. H. A. Malik Fadjar, M.Sc (Ketua), Dr. H. Haedar Nasir, MA (Ketua), Dr. H. Agung Danarto, M.Ag (Sekretaris Umum), Dr. H. Anwar Abbas, MA (Bendahara Umum) dan pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya, yang secara sungguh-sungguh telah mengulurkan tangan secara pribadi-pribadi maupun secara kelembagaan atas nama Perguruan Tinggi Muhammadiyah, antara lain Drs. Cucu Rojikin, M.Si (Ketua STKIP Kuningan), Prof. Dr. H. Muhadjir Efendi, M.AP (Rektor UMM Malang), Prof.  Dr. H. Bambang Setiadji (Rektor UMS Surakarta), Dr. H. Kasiarno, M.Hum (Rektor UAD Jogyakarta), Dr. H. Badawi (Rektor UMT Tanggerang), Prof. Dr. H. Syaeful Bachri, SH.,  MH (Rektor UMJ Jakarta), Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Rektor UHAMKA Jakarta), Dr. H. Agus Sani, M.AP (Rektor UMSU Medan), Dr. H. Bambang Cipto, MA (Rektor UMY Jogyakarta), Ibu Hj. Nur Afni, Bapak H. Yusuf Lubis, Dr. H. Muchtar Luthfi dan berbagai pihak internal anggota dan simpatisan Muhammadiyah yang telah banyak membantu IBM Bekasi, termasuk Bapak Ir. H. Luthvi Rahman Ervianto pemilik Gedung Bina Insani yang telah banyak memberikan kemudahan dalam penggunaan Gedung yang digunakan untuk proses perkuliahan para mahasiwa IBM Bekasi dalam kurun waktu 3(tiga) tahun, yang secara sengaja kami sebutkan dalam sejarah singkat berdirinya IBM Bekasi ini.

Sebagai penutup, ini bagian akhir dari penulisan sejarah singkat proses perjalanan berdirinya IBM Bekasi hingga saat ini, dengan harapan bahwa IBM Bekasi menjadi bagian perjuangan dakwah amar ma’ruf nahyi munkar persyarikatan Muhammadiyah, bidang pendidikan tinggi dalam rangka mewujudkan kiprah persyarikatan Muhammadiyah agar dapat memberikan pencerahan kepada segenap masyarakat dan anak bangsa dengan bergandeng tangan bersama pemerintah dan masyarakat. IBM Bekasi diharapkan ke depan menjadi tumpuan Perguruan Tinggi yang dicintai masyarakat dan menjadi wadah pembinaan serta peningkatan sumber daya insani yang Islami, Unggul dan Berkemajuan demi terciptanya masyarakat yang cerdas, tangkas, tanggap terhadap berbagai tantangan zaman dengan menjunjung tinggi akhlakul karimah. Tentu saja penulisan ringkasan sejarah singkat berdirinya IBM Bekasi ini tiada lain, dalam rangka menyemangati diri untuk seluruh stake holder agar terus berjuang, melakukan berbagai upaya terbaik, dan secara terus menerus melakukan evaluasi untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik, meningkatan mutu pendidikan terbaik dan mampu melahirkan lulusan-lulusan terbaik, entrepreneur berwawasan global berakhlaq mulia, hadir sebagai agen perubahan, yang mempunyai integritas yang tinggi terhadap masyarakat, terhadap almamater IBM Bekasi dan menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang memiliki akhlaq yang tinggi dan mulia. Terakhir, semoga Allah meridhoi langkah-langkah yang dilakukan IBM Bekasi dan senantiasa memberikan jalan kemudahan dalam pengelolaan IBM Bekasi sehingga menjadi Perguruan Tinggi yang Islami, Unggul dan Berkemajuan yang mampu melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki wawasan keilmuan global dan berakhlaqul Karimah. Nashrun minallahi wafathun qoriib, wabasyiril mu’minin. (Selesai/Kota Bekasi, 10 Syawal 1441 H / 02 Juni 2020 M)

*) Penulis : Sekretaris Bidang Kesekretariatan – (PDM Kota Bekasi Periode 2010-2015), Sekretaris BPH IBM Bekasi masa jabatan 2015-2019, dan Ketua LPM IBM Bekasi.