23
Fri, Aug

Inilah Doa Yang Sering Rasulullah Baca Ketika Keluar Rumah

Photo : pexels

Wawasan
Typography

Segala sesuatu jika ingin bernilai ibadah, maka awalilah dengan membaca basmallah dan mengakhirinya dengan membaca hamdalah. Karena segala hal yang kita lakukan di muka bumi hendaknya senantiasa dibarengi dengan mengingat dan melibatkan-Nya dalam segala aspek.

Salah satu adab Rasulullah SAW ketika hendak keluar rumah selain dengan membaca basmallah adalah dengan mengamallkan doa yang akan memberikan faedah keamanan saat hendak pergi keluar.

Doa yang sering Rasulullah baca saat hendak keluar rumah tersebut adalah:
“Bismillahi, Tawakkaltu ’Ala Allah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah”
Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda,
”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

Dari hadits tersebut menjelaskan keutamaan yang akan didapat jika seseorang membaca doa “Bismillahi, Tawakkaltu ’Ala Allah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah” saat hendak keluar rumah. Dan keutamaan itu adalah perlindungan dari Allah SWT atas segala hal yang mengancam dan mengganggu. Karena hanya Allah lah sebaik-baiknya tempat berlindung. []

 

Sumber : Inspiradata