23
Fri, Aug

Ragu, Terasa Buang Angin Dalam Sholat, Apa Yang Harus Dilakukan?

Photo : muslim.or.id

Wawasan
Typography

Ketika seseorang berwudu kemudian dia ragu apakah wudhunya batal, maka dia tidak perlu memperhatikan keraguan itu. Karena keyakinan tidak dapat dihilangkan dengan keraguan.

Diriwayatkan oleh Bukhari, no. 137, dan Muslim, no. 361, dari Said bin Musayyab dan Ubbad bin Tamim dari pamannya, dia mengadu kepada Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam tentang seseorang yang merasakan sesuatu (di perut) dalam shalat. Beliau bersabda: “Jangan keluar (dari shalat) sampai dia mendengarkan suara atau mencium (bau) angin.”

Diriwayatkan oleh Muslim, no. 362, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ فِي بَطْنِهِ شَيْئًا فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ أَخَرَجَ مِنْهُ شَيْءٌ أَمْ لاَ فَلاَ يَخْرُجَنَّ مِنْ الْمَسْجِدِ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

 

“Jika seseorang di antara kalian merasakan ada sesuatu di perutnya yang membuatnya bimbang, apakah ada sesuatu yang keluar darinya ataukah tidak. Maka, dia jangan keluar dari masjid (membatalkan shalat) sebelum mendengar suara atau mencium (bau) angin.” []

 Sumber : Inspiradata